THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 19 Oktober 2011

Ayam Ketawa




Anda pernah melihat seekor ayam bisa tertawa? Kalau belum, lihat saja 'keahlian' ayam jago asal Sulawesi Selatan ini. Kokokan ayam ini seperti suara orang tertawa, karena itulah ayam ini mendapat julukan ayam ketawa.

Ayam ketawa bisa membawa hoki bagi pemiliknya, hoki bisa ikutan ketawa dan hoki karena memang Ayam Ketawa adalah ayam yang langka, yang bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan bila dijual.
Di tempat asalnya, Sidrap, Sulawesi Selatan sering diadakan kontes suara ketawanya. Dalam satu kontes, peserta bisa mencapai 700 sampai 800 ekor ayam. Cara penjuriannya hampir sama dengan kontes lomba burung perkutut. Ayam Ketawa yang telah menang kontes harganya bisa mencapai Rp 50 juta.



Pada zaman dahulu ayam ketawa menjadi primadona hewan peliharaan di kalangan bangsawan-bangsawan Bugis. Dilihat dari sisi fisik ayam ini mirip dengan ayam jago kebanyakan, namun dari sisi suara, ayam ketawa memiliki keunikan bahkan bila kita baru mendengar suaranya, ayam ini seperti burung perkutut.
Ayam ketawa termasuk ke dalam salah satu jenis unggas yang dilindungi, sehingga untuk mendapatkannya lumayan susah. Harga ayam ketawa yang baru berusia dua minggu bisa dihargai Rp 500 ribu. Sementara harga ayam dewasa yang bisa berkokok tergantung suara kokoknya, antara Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Nah, apakah Anda tertarik memiliki atau menangkar ayam yang berkokok mirip ketawa manusia ini?    
Sebetulnya cara mengembangbiakkannya cukup mudah, karena Ayam Ketawa ini karakternya tidak jauh berbeda dari ayam pada umumnya, perawatannya relatif lebih gampang, makanannya juga cukup simpel, hanya diberi fur dan rajangan sawi hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar